26.3.19

Backpacking ke Raja Ampat?

Selepas dari postingan serial publik transpo kemarin, kali ini saya mau share tentang bagaimana melakukan perjalanan ala backpacker menuju that famous Raja Ampat. Sebelumnya, haruskah saya menulis dengan detail terkait program volunteering yang saya ikuti? Komen di postingan ini apabila iya, ya!


Postingan tips ini terkait biaya dan estimasi waktu, biasalah, budget khan jadi permasalahan utama kalau jalan-jalan!

Menuju Kabupaten Raja Ampat bisa melalui dua jalur ; udara dan laut. Terkait efektifitas jelas menang pesawat lah ya tapi dengan biaya pesawat (hampir) 5-6 kali lipat harga tiket kapal, ya meskipun durasi perjalanannya juga berkali-kali lipat. Naik kapal ke Raja Ampat? Why not! Via udara (dari Surabaya) 3 jam an, via kapal 4-5 hari. Detail fasilitas kapal bisa baca di postingan sebelum ini atau klik link dibawah paragraf ini ya lengkap dengan berbagai informasinya.

BACA JUGA : KM CIREMAI VS KM LABOBAR

Setelah menapaki Kota Sorong hal yang harus dilakukan setelahnya adalah ke Pelabuhan Rakyat untuk memesan kapal cepat menuju Waisai dengan durasi perjalanan kurang lebih dua jam dan harga tiket ekonomi 125.000 rupiah dengan fasilitas kapal yang bagus dan nyaman. Ada juga sih VIP dengan harga tiket 250.000 tapi kurang tau juga fasilitasnya seperti apa. Pemesanan tiket kapal cepat ini bisa langsung dan gak usah takut ga kebagian tempat. Operasionalnya setiap hari, dalam sehari dua kali pemberangkatan  yaitu pukul 09.00 WIT dan 14.00 WIT pulang-pergi.

Nah. Setelah sampai Waisai langsung aja hubungi travel atau open trip yang sudah kalian pesan. Karena Kabupaten Raja Ampat ini jarang-jarang ada transpo umum kalau bukan pesenan, ojek pun lumayan mahal, lebih baik langsung ikutan open trip untuk penyewaan kapal dan lainnya karena menuju destinasi-destinasi kondang di Raja Ampat ya harus menggunakan kapal.

Salah satu opsi untuk berlibur murah dan pas dikantong bisa hubungi Cemara Home Stay lengkap dengan fasilitas makan dan wisata juga, apalagi rame-rame bakal jauh lebih murce dengan lokasi menginap di Pantai Saleo! (kontak 082188360951)

 Beginilah kurang lebih fasilitasnya. Sekamar isi 4-5 orang, budget backpacker bangats dan gak ribet.

Tinggal di rumah pohon!
The Menu
Bisa dibayangkan setiap pagi dan sorenya khan?
Nah kurang lebih itu hal-hal pokok yang bisa saya kasih tau seputar main-main ke Raja Ampat (khususnya ke tempat famousnya), tapi di Kabupaten Raja Ampat masih banyak tempat-tempat kece yang bisa dikunjungi seperti Warsambin, Teluk Mayalibit, dan lain sebagainya. Sinyal disana Telkomsel only dan listrik hanya ada ketika malam hari. So persiapkan hal-hal yang sekiranya tidak merumitkan perjalananmu ke timur Indonesia ini. Dengan pengalaman yang saya bagi ini kira-kira bisa lah memangkas tiga kali lipat biaya menggunakan jasa tour dari pemberangkatan. 

Semoga bermanfaaat!

3 komentar:

  1. Temen ada sih yang tugas di Kab Raja Empat, cuman gak tahu sebelah mana dan seberapa jauhnya sama tempat-tempat wisata yang femes.....wkwkkw kan lumayan, bisa mangkas ongkos nginap....skkss

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kabupaten Raja Ampat cukup luas haha. Ke tempat wisata yang seperti piaynemo dll masih jauh pakai kapal travel gituuu, blm pernah tau untuk transpo umum nya

      Hapus
  2. Mantap Wawaa! Kepo nih ikut volunteering apa hahaha

    BalasHapus