5.12.18

Negeri Laskar Pelangi

Belitung memang makin melesat popularitasnya sejak adanya Laskar Pelangi, sungkem ke Mas Andrea Hirata yang berhasil meninggikan martabat dan potensi kampung halamannya sendiri. Pulau ini sudah jadi wishlist saya sejak di SMA dulu, sok-sok itung budget dan itinerary tapi baru terwujud ketika memasuki semester tujuh ini.
 
Sekarang banyak paket tur dan travel menuju Belitung, bisa dibilang sih liburan kalian bergengsi kalo udah kesini hehe. Tapi saya tetep dengan travelling ala sebelum-sebelumya : backpacker-an! Sebelumnya saya sudah terlebih dahulu ke Bangka terus nyebrang pakai kapal cepat ke Belitung. Untuk kapal Bangka-Belitung PP jadwalnya nggak setiap hari ya, baik kapal cepat maupun kapal ferry Express Bahari jurusan ini cuma Senin, Rabu, dan Jumat.

Destinasi-destinasi di Belitung sendiri juga banyak yang wellknown sehingga saya gak merekomendasikan rujukan-rujukan yang gimana-gimana, pasti sama aja sama yang direkomendasikan akun travelling maupun agen travel. Jadi tempat yang waktu itu saya kunjungi adalah :

Pantai-Pantai Belitung 

Sebenarnya pantai dengan bebatuan besar gak cuma ada di Belitung, tapi di Bangka juga ada. Tapi hal ini kayanya sudah jadi identitas Belitung deh. Diantaranya yang pernah saya kunjungi Pantai Tanjung Pendam, Tanjung Kelayang, Tanjung Tinggi, serta Tanjung Pendam. Batuan-batuan besar yang kita lihat di film laskar pelangi benar adanya, megah & besar. Ditambah warna lautan Belitung yang biru serta air lautnya yang bening.




Begitulah kurang lebihnya pantai-pantai cantik di Belitung.Selain kita bisa keliling pantai karena letaknya memang sejalur dan tidak berjauhan.

Danau Kaolin

Danau Kaolin sendiri tidak jauh dari pusat kota Pangkalpinang, sudah ada pagarnya juga jadi ga bisa masuk ke danau cuma bisa liat dari atas aja.

That Famous Danau Kaolin
Tanjung Binga

Apabila sudah khatam berkeliling pantai, sila datang ke Tanjung Binga di pagi hari untuk melihat secara langsung kehidupan warga pesisir atau Kampung Nelayan. Rumah-rumah panggung berjajar lengkap dengan halaman panggung sebagai tempat untuk menjemur ikan asin. Bisa banget juga yang mau bawa pulang ikan sebagai oleh-oleh dari Belitung.


Manggar

Manggar ini salah satu yang paling menarik dan paling jauh! Karena kota ini punya julukan unik yaitu Manggar "Kota 1001 Warung Kopi". Memang ketika sampai warung-warung kopi berjejer sehingga banyak pilihan untuk singgah duduk. Kopi susu Belitung hanya limaribuan saja!
Tugu Manggar Kota 1001 Warkop

limaribu saja!

Warning! Jangan lupa ngopi!
 Selain bisa singgah untuk mengopi, di Manggar juga banyak pantai kok. Potensi lokal di Manggar selain warkop juga penghasil perahu nelayan. Manggar juga masih satu jalur kalau temen-temen mau singgah dulu ke SD Belitong serta Museum Kata Andrea Hirata.

Yak. Begitulah yang bisa saya ceritakan kali ini, semoga bermanfaat!

hehe.

Wawa Yasaruna's

Tidak ada komentar:

Posting Komentar