20.12.18

Kedai Mak Jannah Sejak 1970

Setelah melakukan perjalanan panjang mulai dari Palembang-Muntok-Pangkalpinang-Belitung, di destinasi terakhir kantong sudah menipis haha. Jadilah kita banyak-banyak berhemat termasuk untuk jajan. Kalo kita turis, uda jelas bakal makan-makan di tempat-tempat yang wisata-able seperti Belitong Timpuk Dulu, Kafe Kong Djie yang kekinian, Mie Atep, dan lain-lain.

Sesampainya di Belitung kami langsung mencari kedai Suto Belitung yaitu Suto Mak Jannah yang katanya sudah melegendaris. Di tempat ini kami dapat sekaligus empat item kuliner khas negeri laskar pelangi ini yaitu soto belitung, mie belitung, kopi belitung, dan jeruk kunci.

Welkam tu Kedai Mak Janna!

Suto Belitung yang bentukannya mirip-mirip lontong sayur ini ternyata enak bangeeet. Kuahnya terbuat dari kaldu udang dan kaldu iga sapi yang dicampur santan, trus rasanya pedes-pedes gimana gitu. Ditambah potongan daging dan bihun diatasnya plus keripik emping, yum! Satu porsinya lumayan banyak jadi cocok untuk makan siang di Belitung.


Kedai ini dulunya ada di pasar Tanjung Pandan terus kena gusur dan akhirnya berpindah di pusat Kota Belitung yaitu ruko daerah Jalan Merdeka. Kedai ini juga bersebelahan sama Warung Kopi Ake yang ga kalah legendaris, pemerintahan setempat sudah menjejerkan dua kuliner legend Belitung dalam satu tempat agar bisa mudah dijangkau wisatawan.

Selain mencoba soto nya (rate nya 1-10 menurut saya 8,7!), kami juga nyicip mie belitung dengan kuah kaldu udang yang pekat. Masih pakai udang dan tambahan empingnya, yummi! Mungkin mie-mie di sekitar Bangka Belitung tekstur nya sama yang membedakan siraman kuahnya. Kalau dibanding Mie Koba kemarin masih lebih "nusuk" rasanya mie koba soalnya kaldu tengiri. Tapi teteup kok, juara! Mungkin kalo mau nyobain mie belitung aja bisa ke Mie Atep Belitung, saya belum pernah coba sih tapi cukup terkenal juga.

Mie Belitung
Selain itu kita bisa nyicip kopi khas Belitung dan juga es jeruk kunci. Btw jeruk kunci ini bukan jeruk peras biasa ya, saya bener-bener baru ketemu rasa jeruk beginian di sekitar Bangka Belitung saja. Jadi wajib hukumnya kalo melancong kesini buat puas-puasin minum es maupun jeruk kunci hangat, soalnya gabisa dijelasin rasanya haha pokonya beda dengan jeruk peras pada umumnya. Sampai-sampai ketika hari terakhir di Belitung kami belanja jeruk kunci di pasar dua kilo untuk persediaan di Malang, sekilonya hanya 10.000 rupiah~~

Untuk harganya sendiri saya ga ngerti harga pastinya, di google katanya kisaran 12.000 rupiah tapi empat item diatas saya habis kurang lebih 55.000 rupiah. Jadi gatau deh harga detailnya berapaan huhu.

hehe

Wawa Yasaruna's

1 comment:

  1. terima kasih atas informasinya, bisa juga mengunjungi artikel mengenai daftar mobil di bawah 100 juta jika berkenan, terima kasih

    ReplyDelete