12.6.18

Fasilitas dan Info Kapal Legundi Surabaya-Lombok

Musim mudik. Salah satu momentum juga untuk sharing informasi tentang salah sati trasnportasi yang pernah saya coba. Berhubung rutenya cukup menarik perhatian, maka kita ulas habis semuamuanya tentang KMP Legundi jurusan Surabaya-Lombok PP.

Naik kapal laut untuk rute perjalanan yang cukup jauh mungkin bagi sebagian orang adalah nightmare, so do I. Tapi ternyata gak sehoror itu kok. Naik kapal ini merupakan salah satu alternatif untuk liburan ke Lombok tapi low budget, dan pertimbangan saya saat itu adalah bisa bawa motor jadi jauh lebih hemat.



Kapasitasnya bisa menampung kurang lebih 800 orang dan banyak kendaraan. Perjalanan yang katanya memakan waktu kurang lebih 22 jam, ternyata waktu saya ngerasain cuma 18 jam tuh. Padahal berangkatnya sudah ngaret sejam an. Tapi memang idealnya datang lebih awal aja, saya datang satu jam sebelum keberangkatan tapi tempat-tempat strategis a.k.a pinggir jendela dan banyak colokan sudah penuh dan dikuasai hmm. Untuk bagian dalem full AC, ada TV, musholla, toilet, dan kafetaria.

Begitu masuk ke ruang VIP langsung deh ternganga sama fasilitasnya. FYI interiornya juara, semua fasilitas gada yang merugikan dan nyaman. Untuk kursinya sendiri bisa dimundurin untuk senden dan hadap-hadapan seperti di kereta tapi ada meja ditengah-tengahnya. Tapiiii, harus dulu-duluan dateng biar bisa di sendenin karena jaraknya mepet banget, kalo dapet apes ya kursi belakang sudah di senden sehingga kita harus membungkuk. Tapi untungnya lagi syepi,jadi ga rebutan senden hehe. Kurang lebih seperti ini dalamnya :



Kafetaria bagian luar

The toilette yang bersih !

View bagian depan kapal, itu matras bisa kita pinjam cuma-cuma dan bisa kita pakai dimanapun


Kafetaria dalam

Nah bisa membayangkan kan? Waktu malem tiba saya ambil matras untuk tidur, jadi tidurpun nyaman. Selain itu juga dapat jatah makan dua kali selama perjalanan. Tips dari saya yang kere, karena jajanan di kapal hampir sepuluh kali lipat harga kelontong, beli aja air panas yang satu gelasnya duaribu rupiah dan bawa kopi/minuman saset sendiri, jangan lupa banyak-banyakin bekal jajan atau roti.

My endless love, teh tarik hehe


berikut tarif untuk Kapal Legundi per 2018



Untuk jadwalnya sendiri juga kita harus cermat karena setiap rutentya cuma dua kali seminggu. Dari Surabaya ke Lombok hanya pada hari selasa dan sabtu pukul 13.00 WIB,dari Lombok ke Surabaya hanya pada hari senin dan kamis pda pukul 14.00 WITA. Sehingga harus atus schadule sebaik mungkin agar jadwal pas dengan jadwal keberangkatan, kebetulan waktu itu saya cuma perjalanan pulang aja menggunakan Legundi.

Cara mesennya juga gampang banget, bisa langsung di pelabuhan Surabaya/Lombok langsung tentunya masih dikenakan biaya lain seperti asuransi, makan, dll. Waktu itu sih saya reservasi lewat web tiket.indonesiaferry.co.id . Tinggal isi-isi aja identitas, lalu transfer dan ditukar di loket pelabuhan setempat.

Honest review dari saya, kapal ini highly recommended untuk berhemat ria karena memangkas budget banget. Dijamin ga bosen karena kita bisa jalan-jalan buat liat laut, bisa santai di kafetaria, bisa laptopan, nonton tivi,tidur nyaman, dan sebagainya. Menurut saya sih naik kapal tapi kaya ga naik kapal, jadi flat-flat aja. Mungkin pernah berguncang tapi cuma beberapa kali dan ga heboh.

Selain itu pemandangannya juga luar biasa sih, saya kerap ngeliat lumba-lumba loncat-loncat dan itu baru pertamakalinya liat luma-lumba di alam liar. Selain itu nyore di kapal juga asik kok, bahkan saya bonus bisa lihat pelangi di siang hari nya.


Bali!

TIPS!!


  • Bawa bekal jajan dan minuman saset yang banyak, air panas bisa beli di kafetaria dengan harga dua ribu per gelas. Atau bisa bawa termos sekalian. Air mineral juga harus banyak apalagi kalo rame-rame, aq*a besar di kapal harganya 25.000 bok :')
  • Datang lebih awal agar bisa dapet posisi wenak di pinggir, bisa liat laut langsung sekaligus dapet charger an. kalo lagi apes ga dapet spot charger bisa ke kafetaria dengan harga 5000/charge.
  • Bawa antimo tentunya, mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.
  • Bawa kain yang bisa digunakan untuk selimut. Bisa sarung/kainbali dll. Karena kita tidur bukan di bilik tapi ya di sekitar kita duduk (meskpun pake matras), tapi lebih baik ada kain yang bisa melindungi tubuh kita.
  • Bawa kartu atau hal-hal menyenangkan lainnya untuk membunuh waktu
Gimana ? Mau coba ?

hehe

Wawa Yasaruna's



18 komentar:

  1. Mau.... Lama ga naik kapal, terakhir waktu studi tour SMP dari Jawa nyebrang ke Bali

    BalasHapus
  2. Wah fasilitas nya memadai ya? Keren, segera deh beli tiket nya wkwkwkw

    BalasHapus
  3. wah penasaran! pengen nyobainnn

    BalasHapus
  4. Definitely will try this thing soon!

    Kayak ada belut listrik di pembuluh darah hahaha (apaan sih).

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anyway, Wawa, kok pelabuhan Tanjung Perak ga ada di list yah :(

      Hapus
    2. intinya pelabuhan Surabaya Zahraaaa

      Hapus
  5. Weeeeeit, ini kapalnya bagoooos yaaaaa? Asliiiik ehehe.

    Saya pernah naik kapal sih, tapi yang dari Jogja Sumatera. Fery ya kalau ga salah wgwgw, yaaaaaa... YA TIDA SEBAGUS KAPAL INI JELAS :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  6. Keren euy... Itu matrasnya harus buru2 diamanin kayanya ya? Sebelum kehabisan :D

    -Traveler Paruh Waktu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha , kalo lagi rame sih kayanya iya. Kl mau ambil matras harus pake kartu identitas jugaaa

      Hapus
  7. wow! very interesting! We would love to try but I'm not indonesian. Perhaps someday during our long visit to Indonesia we could definitely try.

    Love all your blog posts, nice write up (though I read in translated version :) ) and beautiful pictures too! Talented and young, and very lucky to have such an opportunity to live and travel in a beautiful country. I followed you on instragram too! Looking forward to read and see your post soon!

    Keep it up Wawa. Totally following you from now. New fan! hehehe

    Love,
    Mbak Xaxa from Malaysia
    (i can write in Malay/Indo too, but it will slow me down to type)

    BalasHapus
    Balasan
    1. I'm very happy to read this, Mbak Xaxa. Thank you for your visit on my blog. Maybe someday, u have to visit my country with your family!

      Hapus
  8. Lanjutan Event BIG MATCH BOLAVITA 2019 masih bersambung di bulan ini yaitu Mei 2019. Berikut ini daftar pertandingan pertandingan yang masuk dalam Event Promo BIG MATCH yang BOLAVITA anggap sah dan dapat Anda ikuti promo ini.

    📍 Liga Eropa :
    10/5/19 : Valencia vs Arsenal
    📍 Liga Jerman :
    11/5/19 : RasenBallsport Leipzip vs FC Bayern Munchen
    📍 Liga Inggris :
    12/5/19 : Liverpool vs Wolverhampton Wanderers
    📍 Liga Spanyol :
    18/5/19 : Eibar vs Barcelona
    📍 Liga Italia :
    13/5/19 : AS Roma vs Juventus
    19/5/19 : Juventus vs Atalanta
    20/5/19 : Napoli vs Inter Milan
    26/5/19 : SPAL vs AC Milan
    📍 Final Liga Champions :
    02/6/19 : Liverpool vs Ajax

    Agen BOLAVITA menyediakan promo yaitu BONUS KEMENANGAN TAMBAHAN 20% untuk Anda yang memasang taruhan pertandingan BIG MATCH yang sudah di tentukan oleh Agen BOLAVITA di pertandingan besar.

    Dukung tim jagoan Anda bersama kami di http://159.89.197.59/ !!

    Maksimal bonus yang akan diberikan sebesar Rp 1.000.000,-

    Daftar, main dan dukung tim jagoan Anda sekarang juga untuk mendapatkan Bonus Kemenangan Big Match dari BOLAVITA.

    Untuk info selanjutnya, bisa hubungi kami VIA:
    BBM : BOLAVITA / D8C363CA
    Whatsapp : +62812-2222-995
    Livechat 24 Jam

    BalasHapus