11.5.18

Pengalaman Melawan Badai di Kenawa

Siapa yang bakal menyangka saya bakal bisa menginjak tanah Sumbawa ?

Sampai detik ini pun saya masih geleng-geleng kalau mengingat perjalanan motoran sampai Lombok bahkan bonus ke pulau kecil di Sumbawa Barat yang lebih sering di sapa Pulau Kenawa. Bisa banget ngakalin perjalanan yang super low budget menuju kesini dengan melakukan perjalanan darat atau istilah umum nya ngecer.

Sebenarnya karena Kenawa ini mulai ramai pengunjung dan terfasilitasi, menuju ke sini cukup mudah untuk mendapatkan informasi mulai dari Blog hingga Instagram. Tapi lebih aman lagi kalo kesini bareng orang Lombok asli soalnya kita gak paham bahasa serta keadaan disana. Sangat beruntung waktu itu sepupu-sepupu Kak Ine (salah satu teman organisasi di kampus yang asli Lombok) mau nemenin ke Kenawa sehingga rencana awal yang serba ribet jadi terasa lebih mudah, tingkyu Kak Inek beserta jejeran sepupu!

Dari Lombok kita menuju Pelabuhan Kayangan dan nitip motor disana, setelahnya beli tiket menuju Pelabuhan Poto Tano Sumbawa dengan harga Rp 17.000 saja untuk satu orang tanpa motor. Kalo lagi beruntung kalian bisa dapet kapal dengan layanan VIP kayak saya waktu pulangnya, berangkatnya dapet kapal standart sepaket dengan hiburan karaoke yang memekakkan telinga. Berangkat kutang lebih pukul 15.00 WITA kita dapet pemandangan yang jarang banget ditemui di Jawa, dimulai dari gagahnya Rinjani sampai siluet pulau-pulau kecil di seberang, epic!

Sesampainya di Dermaga Poto Tano sekitar pukul 17.00 WITA disambut hujan gerimis, yang bikin lama itu parkir kapalnya jadi kita nunggu kurang lebih 45 menit untuk parkir doang huhu. Setelah agak gelap kita turun kapal dan jalan ke Alfamart untuk beli bekal karena kita bakal camping disana. Sudah kontak-kontak an sama pemilik kapal kecil dan sudah mereservasi sebelumnya, kita dibawa ke Kenawa gelap-gelap dengan perjalanan yang hanya memakan waktu 30 menit.

Turun dari kapal kecil  yang terpampang di depan mata adalah.... warung. Iya. Banyak warung. Selain itu juga lumayan banyak tenda-tenda yang sudah menjamur di sekitar lahan Kenawa. Setelah mendirikan dua tenda untuk enam orang kita makan bekal, ngopi dan bergegas tidur. Belum 30 menit merem tiba-tiba tenda dikoyak-koyak angin dan semakin kenceng. Gak lama hujan turun tanpa amit sewu walhasil kita keluar dan tenda kita rusak gak karuan. Mengungsi lah kita di salah satu warung yang peling deket sama tenda dan buru-buru bersih tenda dan melek sampai pagi karena gak ada tempat tidur, dempet-dempetan sama orang banyak. Heuuuu.

Ternyata hujan dan angin kencang gak kunjung reda sampai pukul menunjukan 05.00 WITA.

Banyak ngobrol sama ibu-ibu yang punya warung tentang kondisi cuaca disini, katanya memang sering hujan tapi baru ini badai lebat dan hujan yang tak kunjung reda lebih dari 7 jam. Sempat frustasi dong dan mikir kalo belum rejeki dan harus bergegas pulang.

Sempat tidur sejam an, bangun-bangun ternyata hujan mulai reda. Alhamdulillaaaah. menunggu sampai jam 10.00 WITA & matahari baru bener mulai muncul baru keliatan dan air mulai pasang. Kelihatan deh cantiknya Kenawa denga gradasi air yang biru.

Sebiru ituuuuu

Naik ke Puncak lumayan bikin ngos-ngos an,selain terjal kita juga rasanya deket sama matahari, tapi pemandangannya tiada duwa!

Masi ngantuk
What a view ! Meskipun ga tahan lama-lama

The real Kenawa

Sekitar pukul 11.00 WITA kita bergegas balik dan beruntungnya dapet kapal VIP jadi bisa tidur-tidur dimanjakan AC dan film nya Raditya Dika. Amboooooiiii

Tips and Info

• BAIKNYA cek lagi bener-bener di website BMKG perihal cuaca di tempat yang dituju, sebenarnya mulai H-3 ke Kenawa saya sudah cek setiap hari dan tau bahwa memang hujan akan turun deras tapi nekat. Jangan ditiru ya peeps
  • Sudah memesan tenda dan peralatan kemping lengkap dengan bekal karena kalo uda sewa di sekitar Poto Tano bakal lebih mahal jatohnya terlebih air putih.
  • Reservasi dahulu untuk kapal penyebrangan Poto Tano - Kenawa 082340950702
  • Kalo muncak bawa air putih dan topi karena puanas puol!
Semoga bermanfaat!

hehe

Wawa Yasaruna's

1. Begitu cuacanya cerah, langsung kelihatan banget cakepnya Kenawa yaa 😍

2. untung akhirnya bisa cerah juga yah.. sayang banget kalau udah jauh-jauh kesana tau2 cuma disambut hujan dan langit yang gelap..

-Traveler Paruh Waktu

3. waaah kanawa bner benar indah nya.. Jadi ingin deh pergi ke sana melihat ke cantikan kanawa secara langsung..

4. yess, emang Kenawa indah banget. Sayang baru-baru ini kabarnya lagi terbakar...