17.5.18

Makanan Lokal Ternate, Surganya Rempah Indonesia

Sembari mengingat-ingat semua makanan yang masuk mulut waktu itu... HUEE kan jadi ngiler :(

Satu post yang terlewat lumayan lama karena memang bingung harus memulai dari mana saking banyaknya makanan yang saya coba di Ternate. Sebagai pusat rempah-rempah pada jaman kolonial  sehingga makanan olahan disini menurut saya memang kontras sama makanan yang biasa saya makan di Jawa, disini kaya akan rempah sekali.

Kondisi geografis kota sejarah ini juga sangat mempengaruhi apa yang diolah menjadi masakan, cari ayam disini susah banget dan mahal luar biasa. Sebaliknya, ikan dan hal-hal per-seafood-an lain melimpah ruah, jadi lauk pauk didominasi ikan-ikanan. Yum!

Begitu sampai di Ternate makanan pertama yang saya coba itu kudapan-kudapan lokal aliasnya jajanan pasar. Ada tiga macem yang disajikan yaitu palampa, pisang choe, dan pia ternate. Palampa sendiri ternyata adalah lemper tapi versi lebih pipih serta ada isian ikan, bedanya kalau di jawa kan tebal dan berisi ayam gitu hehe. Lalu pisang choe sendiri semacam bolu dengan dominasi rasa pisang, enak pokoknya agak ada rasa-rasa tape nya juga. Yang paling faforit  dan setiap sarapan  wajib diambil duluan diantara ketiganya ya si palampa itu.

Pisang choe ft palampa ft bakpia 

Lalu lalu lalu masih banyak jajan pasar yang saya coba seperti bolu aren, serabi (disini warnanya ijo), jajan ketan hitam yang entah apa namanya, dan lain sebagainya. Ada beberapa yang mirip di jawa hanya beda nama aja dan beberapa lainnya yang emang belum pernah saya makan sebelumnya.

Masih sebgaian lo :')

Ketan dengan topping gula


Untuk makanan berat keseharian hampir setiap hari ketika saya laper beli naskunter (nasi kuning ternate) dengan porsi banyak harganya cuma sepuluh ribu ajyah, FYI disana makanan jarang ada yang murah huhu. Disana juga setiap hari makan ikan jadi saya merasa cerdas selama di Ternate -_- But i do love fish soooo muchhhh.



Ikan diolah segimana mungkin, ada yang dibakar, goreng, dibikin sushi ala-ala, bahkan di rendang. Yang paling terkenal seantero Ternate itu Gohu Ikan, daging ikan di hancurin dan dimasak setengah mateng trus dikasi jeruk jadi nya ala-ala sushi gitu kalo kata orang sana. Jodohnya gohu ikan ya sagu lombo, bentuk sagu nya seperti roti tawar.

Gohu Ikan

Sagu lombo

Olahan ikan selanjutnya yang paling faforit versi saya adalah ikan masakiring ternate. Menurut saya ya, rasanya kaya ikan di rendang tapi rasanya lebih rempah dengan rasa kayu manis yang kuat. Ikan maskiring sendiri artinya ikan masak kering , tapi sering juga disebut ikan maskiring kayu karena dipadu dengan kayu manis sebagai bumbu utamanya. Lezat betul :(


Untuk makanan pokok sendiri disini ada nasi, sagu, dan papeda. Baru kali ini saya nyoba makan lem yang panas, dicampus ikan kuah kuning dan sayuran santen khas Maluku lainnya. Untuk sayurannya menurut saya pribadi masih lebih sedap dan bermicin di Jawa hehe.



Selanjutnya.

Ada satu 'buah' yang bijinya menjadi salah satu ikon Maluku yaitu kenari. Awalnya saya kira si doi adalah kacang-kacangan, ternyata bijinya buah kenari dan sekarang dimanfaaatkan sebagai bahan baku untuk camilan khas Maluku.

Biji Kenari
Olahan-olahan kenari yang saya coba mayoritas berbentuk jajanan seperti bagea (olahan tepung sagu dan kenari yang bentuknya keras)serta roti. Selain itu ada minuman rempah khas Ternate yang terbuat dari jahe dan biji kenari, biasa disebut air guraka. Air ini anget dan seger, cocok banget buat relaksasi semacam wedang ronde. Ada juga salah satu rempah khas Mollucas yang dulu diperebutkan para londo yaitu buah pala, waktu itu saya nyoba jus nya, amboiii bener-bener seger! Sampai-sampai saya beli sirupnya buat dinikmati di Jawa hahahha.

Bagea!

Air guraka

Jus pala
Terakhir!

Salah satu camilan yang awalnya saya rasa kurang masuk akal, ternyata setelah dicoba gabisa berhenti ngunyah :') Namanya pisang bulubebek. Pisangnya ini pisang yang belum mateng trus digoreng kering menyerupai keripik tapi waktu digigit empuk, dicocol pake sambel.


Nah itu dia, berbagai olahan kudapan, makanan, rempah, bahkan minuman khas Ternate. Harus balik lagi kesana demi pesta makanan rempah!

hehe

Wawa Yasaruna's

19 comments:

  1. rempah inilah yang menjadi tujuan penjajah jama dulu mengusik Indonesia, musti dipertahankan dan kita kelola dengan baik....

    ReplyDelete
    Replies
    1. yass, diwariskan salah satunya lewat olahan makanan :)

      Delete
  2. Aduh mampir kesini kok ya pas puasa-puasa gini *lirik jam*, siang hari pulaaaa....

    Seneng lihat wawa balik rajin nulis lagi, tapi zebelnya yang ditulis bikin pengen makan atau pengen jalan jalan ahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hhahaha yadong mba, ngumpulin niat buat konsisten nya itulo yang lama.. padahal nulisnya mah cepet aja haha

      Delete
  3. Rendang lebih menggoda, itu makan lem juga ? Enak gak lem nya ? Wkwk..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe. Yes papeda Indonesia Timur, berasa makan lem haha

      Delete
  4. Ishhh, kapanlah planningku ke ternate, ambon, papua bakal terlaksana yaaa :p. Udh lama nyusun itin kesana, tp belum terealisasi ampe skr. Yg aku pgn liat sih bukan krn pantai2nya yg super indah itu, tapi kulinernyaaaaa :D. Udh banyak baca cerita ttg makanan di indonesia timur, trutama makanan lokal, dan aku penasaran sih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget kak, perpaduan rempah-rempahnya juara banget. Wajib sih nyoba makanan Indonesia Timur lainnya hehe

      Delete
  5. Waaa ... foto-fotonya menggoda sekali! Jadi pengin ke Ternate. Semoga suatu saat ada rejeki dan kesempatan.

    ReplyDelete
  6. Aduh, gohu ikannya menggiurkan banget! Makanan di Jawa juga berempah kok, cuma mungkin jenis rempahnya beda. Buktinya kamu bilang sayur di Jawa lebih sedap :)
    Btw tolong tambahin kolom Name / URL di komentarnya kak. Biar yang non blogspot bisa berkomentar.

    thetravelearn.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. yesss, menurut aku lebih sedap karena vetsin nya lebih banyak hahaha. siap kak. saya coba eehehe. makasi sudah mampir

      Delete
  7. Gile bener,, banyaaak makanannya.. baca pas menjelang buka gini bikin tambah keroncongan aja ini perut. :D

    Gohu ikan kayanya enak bgt..

    -Traveler Paruh Waktu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha momentum bgt ya :D iya, katanya sih sushi ala-ala nya Ternate . Makasih sudah mampir :D

      Delete
  8. makanannya kayak yang enak gitu ya..

    ReplyDelete
  9. Rendanya menggoda sekali. Jadi ingin deh nyoba makanan ternate :)

    ReplyDelete
  10. enak bannget ya,,, ambil angel fotonya bikin laper..hihi

    ReplyDelete