26.2.18

Danau di Kaki Gunung Gamalama

Ternyata selain kaya akan wisata bahari Ternate juga punya ranu lho! Berjarak kurang lebih sepuluh kilometer dari pusat kota, Danau Tolire hanya bisa dijamah dengan kendaraan pribadi atau sewa karena belum ada transportasi umum yang disediakan pemerintahan setempat. Menuju tempat ini juga satu jalur dengan wisata Batu Angus jadi temen-temen yang berniatan ke Tolire bisa sekalian mengunjungi Batu Angus.

Danau ini penuh dengan legenda, konon Tolire terbentuk karena kepala desa yang menghamili anaknya sendiri sehingga sang penguasa alam murka dan menenggelamkan desa menjadi danau. Versi science nya danau ini terbentuk karena letusan Gunung Gamalama di masa silam. Oh iya, btw sebenarnya rangkaian kawasan ini ada Danau Tolire Besar dan Danau Tolire Kecil cuman waktu itu saya hanya berkunjung ke Tolire Besar.




Nah begitu datang kita langsung disambut adik-adik Ternate yang berjualan batu seharga Rp 3000 per kresek nya, katanya untuk lempar batu ke Danau. Sebenernya kurang ngeh juga sama bentuk wisata yang seperti ini, tapi katanya ketika kita lempar batu sekuat apapun gabakal sampai ke danau dan hilang secara misterius gitu. Tapi sangat disayangkan ketika apa yang adik-adik ini jual ini menyisakan sampah dan berserakan huhuhu.

Menurut warga sekitar di danau ini masih ada buaya putih.  Coba cek di YouTube ada kok video buayanya, tapi buaya normal bukan buaya putih.


Danau nya luas berwarna hijau dan tepat di bawah Gunung Gamalama, pemandangan asyik lihat Gunung Gamalama bonus ranu seger hehe. Jadi kita cuma bisa lihat dari atas aja dan menurut saya lumayan ngeri, rasanya lihat ke bawah kaya mau jatuh gitu huhu. Disini saya dan teman-teman memanfaatkan waktu kita untuk berswafoto ria, yaay!



hehe

Wawa Yasaruna's

No comments:

Post a Comment