31.12.17

#kilasbalik 2017

Pergantian tahun tinggal sembilan jam lagi ketika saya menulis postingan ini. Bisanya saya secara pribadi hanya mereview tempat-tempat yang sudah saya kunjungi di pergantian tahun karena dulu sesimpel itu goals yang saya targetkan, sesimpel bisa mengunjungi tempat yang saya idam-idamkan. Tahun 2016 sampai awal 2017 hidup saya kurang terstruktur, saya gapernah bikin agenda selama jangka waktu tersebut dan ternyata memang amburadul.



Pada akhirnya tahun ini memberi banyak perubahan di hidup Wawa karena terdapat beberapa pencapaian diluar dugaan serta beberapa mimpi yang terwujud dengan cara yang nggak instan. 

Jadi, apa aja?

Lebih Rajin Ngeblog

Pertengahan tahun hingga sekarang saya jadi lebih sering nulis daripada tahun-tahun sebelumnya, dan perbaikan kualitas tulisan dan foto akhirnya kesampaian. Hal ini lebih ditekankan ketika saya mengurangi ego saya untuk bernarsis ria di blog, tapi sedikit demi sedikit ingin lebih informatif aja gitu, biar blog ini isinya ga selfi melulu. Sudah saya rencanakan beberapa "rubrik-rubrikan" tapi masih belum maksimal, jadi tahun 2018 akan segera dibenahi agar lebih tertata dan informatis bagi pembaca. 
Yang belum kesampaian adalah tidak menunda-nunda postingan, karena masih buanyak draft yang terbengkalai ini itu, semoga awal tahun bisa selesai dan tidak menumpuk pada postingan-postingan selanjutnya.

Tumbuh Kembang bersama @socking.id, @thriftmalang, dan @flybracelet



Projek pertama bisnis online kecil-kecilan saya adalah Handmade Friendship Bracelet, disusul online thriftshop di Instagram, dan akhirnya yang terakhir online shop yang menjual kaoskaki motif. Dari ketiganya yang paling aktif ya Socking! disusul dengan Thrift Malang. Mereka berdua ini melatih emosional saya banget di tahun ini, selain itu ya penghasilan saya dari mereka berdua juga. Awalnya ego untuk menjalankan bisnis ya karena profit oriented, tapi semakin kesini saya semakin kecanduan bisnis kreatif karena banyak tantangan dan melatih gimana caranya biar bersaing secara kreatif entah dari konten maupun produk. Saya juga mencoba keluar dari zona nyaman, nyoba ngelapak di Car Free Day dan itu sangat menyenangkan! Yang bikin saya kecanduan ternyata bukan uangnya, tapi tantanganya. It's challenging :)
Untuk FLY Bracelet sendiri ini sudah saya jalankan sejak tahun 2013. Saya seneng banget prosesnya karena bikin friendship bracelet ini membutuhkan waktu, tenaga, dan kesabaran yang nggak sedikit. Tapi sekarang saya bener-bener ga ada waktu buat nerusin karena waktu dan tenaga yang sangat terbatas. Mungkin ada yang mau bantuin biar projek kecil ini bisa tetep jalan ? hehe .

Berproses bersama JUFOC 

Sejak pertengahan 2016 silam saya join salah satu organisasi fotografi di kampus saya, Jurnalistik Fotografi Club (JUFOC). Sejak awal kepengurusan saya diamanahi jadi koordinator salah satu divisinya yaitu Divisi Sarasehan. Waktu awal masuk organisasi ini cuma sekedar waktu luang aja karena pada saat itu organisasi yang saya ikuti yaitu AIESEC sedang vakum selama satu tahun. Eh, taunya saya take higher di JUFOC dan sampai sekarang ini.
Bersyukurnya, ternyata banyak pengalaman dan ilmu yang saya dapet secara bertahap. Dan saya bersyukur banget bisa berproses dan berkontribusi di organisasi ini.

Anak Cupu ini Akhirnya Keluar Pulau!

JFMI ke X Ternate

2017 mewujudkan mimpi saya sedari SMA dulu yaitu bisa main keluar Jawa. Ehm. Meskipun uda pernah ke Bali ya. Tapi luar pulau yang lebih jauh gitu maksudnya. Tahun ini saya akhirnya menginjak Sulawesi dan Maluku. Terharu banget huhuhu. Saya juga alhamdulillah dapet free trip ke Gili Genting dan Gili Labak bersama Indonesia Maritime Challenge. Dan yang ga bakal dilupakan seumur hidup adalah ikutan Jambore Fotografi Mahasiswa Indonesia ke sepuluh di Ternate.
Selain itu travel diaries saya tahun ini ke Banyuwangi, Bali Barat,  menelisik suku Tengger Bromo, Jonggring Saloka, B29 Lumajang, Gili Ketapang Probolinggo, Gili Genting Madura, nyobain makanan enak di Makassar, kelilingTernate Tidore, dan Solo. Masih banyak temat tempat yang belum terwujud tahun ini seperti Lombok, Semeru (lagi), Jogja, dan Belitung. Semoga terwujud di tahun depan, ya!

I'm Happier!

Tahun ini lebih menyenangkan dikarenakan banyak sekali orang-orang baik dan terkasih disekeliling saya. Mulai dari orang orang di kuliahan, organisasi, temen praktikum, bahkan pembeli, mereka smua sangat baik. Selain itu di tempat-tempat yang saya kunjungi selalu mendapat teman baru yang menambah wawasan saya. Ohiya ,termasuk Prasetya Satria yang sudah mau menemani dan jatuh bangun bersama hehe.

Eat well

Agustus 2017 saya memutuskan untuk merubah pola makan lebih sehat dikarenakan "kepingin ajah", tapi kendor di bulan Oktober November. Pada akhirnya akhir November pencernaan saya terganggu karena kurang makan serat kali ya? Perut bengah setiap hari dan pencernaan ga lancar. Trus ditambah lagi asam lambung sering naik dan ini menyiksa banget :( Akhirnya saya mulai berbenah untuk makan makanan sehat biar pulih dan ga cepet cape kaya sekarang. Sepertinya kurang air putih juga huhu. 

Praktikum satu selesaiiiiii

Praktikum penuh drama dan pengalaman liputan yang bikin saya kaya hati dan wawasan. Jatuh bangun membuat konten, liputan dari Malang, Gresik, Surabaya, Lumajang, hingga Solo :')

Daan masih banyak lagi yang gabisa diceritakan di postingan ini. Bahkan hal-hal seperti merasakan tiga hari gak bisa jalan karena keseleo dan diurut, mana harus pincang dulu selama seminggu setelahnya. Juga beberapa kali sampai stress sampai asam lambung parah huhu. Berharap tahun depan lebih sehat walafiat dan lebih rajin. Memang kalo orang lain baca pencapaian ini gak berarti apa-apa, tapi bagi saya ini udah jauh dari zona nyaman saya dan saya bener bener bangga sama diri saya sendiri karena bisa menejemen waktu (meskipun belum sempurna) dan bisa sedikit berpenghasilan. 

Semoga 2018 akan lebih menyenangkan, lets rock!

hehe

Wawa Yasaruna's

1 comment:

  1. Wah selamat akhirnya bisa keluar pulau yang cukup jauh dari Jawa.. Semoga 2018 semakin menyenangkan..

    -Traveler Paruh Waktu

    ReplyDelete