20.12.17

Indonesia Maritime Challenge 2017



Saya sangat bersyukur hidup di zaman modern yang dapat mengubungkan satu dengan lainnya tanpa ada batas jarak dan waktu. Juli kemarin saya mengikuti salah satu ajang photo contest di Instagram yang diadakan oleh Maritime Chalenge (MC) Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya, dan gak disangka-sangka bakal dapet juara! Yey! Hadiahnya free trip ke Gili Genting dan bonus ikutan rangkaian acara dari MC. Saya mau cerita sedikit sih plus-minus nya waktu disana, hehe.



Berangkat pertengahan Agustus 2017, waktu itu saat-saat paling sibuk di hidup saya soalnya seminggu setelahnya saya harus terbang ke Makassar dan Ternate, Jadi selang tiga hari aja saya bisa istirahat dan kembali plesiran dalam jangka waktu yang cukup lama. 

Saya berangkat bareng sama salah satu pemenang juga, Bayu namanya. Lainnya anak-anak Teknologi untuk Negeri (TUN), anak Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) ITS, dan beberapa panitia susulan lainnya soalnya saya diberangkatin waktu acara sudah berlangsung selama satu setengah minggu. Saya dateng ketika event sisa lima hari, jadi pas puncak acaranya gitu. Awalnya sedikit gambling karena temen yang aku kenal (salah satu anak MC ; Utik) itu panitia dan pasti sedang sibuk-sibuknya, jadinya disana emang sebatang kara dan gada temen :( Untungnya barengan temen-temen yang ikut TUN (semacam lomba karya ilmiah gitu) dan BEM ITS, jadi bisa nimbrung dan gak truly sendirian. 

Akomodasi yang diberikan 100% asyek sih mulai dari trasportasi, makan, dan lainnya, Cuman yang saya sayangkan lima hari saya disana kaya dibiarkan berkeliaran gitu, dan ga ikut rangkaian acara mereka kecuali Upacara 17 Agustus. Jadi ya, gimana ya, Lima hari disana dan gak ngapa-ngapain. Pagi bangun bersantai habis mandi, siangnya karena terik banget jadi saya dan temen-temen peserta TUN ke masjid buat bobo dan neduh, sore menjelang malem main pantai lagi dan main kartu sampe malem sama anak BEM ITS. Ya untungnya bisa ketemu mereka-mereka yang baik banget. Mungkin untuk daily life yang seperti ini lima hari lamanya terlalu lama. Bagiku sih, hehe.

Diluar dari itu semua I really enjoyed the holidays, karena emang terserah saya mau ngapain aja dan ga harus ikutan acara mereka. Intinya. Sebagai penonton aza. 

Jadi, Indonesia Maritime Challenge (IMC) itu acara tahunannya MC ITS. Tahun ini terselenggara di Gili Genting Sumenep Madura pada 5-18 Agustus 2017. Banyak lomba-lomba kemaritiman yang sistemnya beregu atau berkelompok dan buat mahasiswa atau perguruan tinggi sederajat Indonesia. Rangkaian acara lima hari terakhir cukup keren sih, mulai dari lomba dayung untuk warga setempat, bersih pantai, lomba berlayar, bikin kapal, TUN, dan banyak lagi. Menurutku acaranya juga cukup rapi, bisa dua minggu nonstop dan dapet sponsor gede gede hahaha. Pesertanya sendiri macem-macem, ada yang dari Kalimantan, Malang, Semarang, bahkan Madura sendiri. 






Lomba bikin kapal

The score

Bersiap untuk bersih-bersih sampah~


Teknologi untuk Negeri

perpisahan
Selain itu ada juga pentas seni dan lomba foto disana dan sekali lagi, akomodasi nya ajib. Sebelum hari terakhir kita dibawa jalan-jalan ke Gili Labak, yey!
Tentang Gili Genting dan Gili Labak bakal di posting pada tulisan selanjutnya!

hehe

Wawa Yasaruna's

No comments:

Post a Comment