28.9.17

One Day in : Bali Barat

Berkesempatan mengunjungi Banyuwangi di awal tahun 2017 ini membuat saya tidak menyia-nyiakan pulau dewata meskipun hanya setengah hari disana! Kok bisa ?

Dari banyuwangi naik motor dan nyebrang ke Bali cuma Rp 25.000 saja for two, nyebrang cuma sebentar kurang lebih tigapuluh menit dengan fasilitas yang mumpuni. Sampai di Bali Barat siang sekitar pukul 13.00, lalu apa saja yang bisa dilakukan setengah hari di Bali Barat ?

Taman Nasional Bali Barat
Taman Nasional Bali Barat emang luas banget dan ada dua pintu masuk yakni dari Gilimanuk dan Denpasar. Hanya sekitar 15 menit dari pelabuhan kita bisa berwisata edukasi di Taman Nasional Bali Barat dari pintu Gilimanuk. Sebenernya banyak banget yang bisa dikungjungi karena memang wadah bagi flora fauna serta terdapat berbagai ekosistem termasuk salah satu akses menuju Pulau Menjangan juga. Beruntungnya saat itu saya datang siang menjelang sore sehingga banyak binatang berkumpul untuk makan.






Desa Palasari

Desa ini terdapat di kawasan Jembrana Bali Barat, ketika main-main ke desa ini saya dibuat terkesima dengan arsitektur rumah warga sekitar karena emang Bali banget! Desanya super bersih dan tertata, ditambah ornamen-ornamen khas Bali dan beberapa rumah memiliki gazebo di depannya. Yang baru saya tau adalah mayoritas warga di desa ini menganut agama Katolik sehingga terdapat Goa Maria dan Gereja yang berornamen Bali bertajuk Gereja Hati Kudus Yesus Palasari, pantes aja suasana desa ini damai banget !




Gereja ini hanya digunakan sebagai tempat ibadah dan dibuka untuk kunjungan wisata rohani bagi pemeluk agama katolik saja, jadi untuk saya yang beragama muslim hanya diperbolehkan sampai gerbang depan. Gereja unik ini dipercantik dengan beberapa patung di depannya.

Selain itu di desa yang berhawa sejuk ini terdapat salah satu bendungan  yang kaya akan berbagai jenis ikan air tawar, namanya Bendungan Palembang lasari. Sesampainya disana sepi banget!




Setelah dirasa cukup puas berkeliling desa, sebelum malam saya bergegas untuk kembali ke Banyuwangi untuk istirahat. Terimakasih untuk Nurin dan Fihadian sudah membantu perjalanan selama di Bali Barat!

hehe

Wawa Yasaruna's

No comments:

Post a Comment