21.7.17

Puncak B29 Desa diatas Awan


Sebelumnya saya sudah pernah berkunjung ke bukit dengan ketinggian 2900 meter di atas permukaan laut ini pada tahun 2015 silam, sayangnya cuaca sedang tidak bersahabat. Awal tahun 2017 saya kembali melakukan perjalanan ke bukit yang katanya diatas awan ini meskipun ternyata kesiangan, padahal di perjalanan sunrise sedang bagus-bagusnya.



Jalur normal menuju Puncak B29 adalah melalui Lumajang karena sudah memadai dan aman, namun waktu itu kita memutuskan lewat Pasuruan sehingga nyasar untuk beberapa kali di tengah malam. Huf. Berangkat dari malam pukul 23.00 dan baru sampai di Puncak B29 sekitar pukul 06.00. Seingat saya tidak dipungut biaya sedikitpun setelah memasuki kawasan ini.

Sangat tidak disarankan untuk membawa motor matic karena kondisi kemiringan jalur sangat landai sehingga besar kemungkinan bikin rusak motor kalian bahkan gabisa nanjak lagi. Tapi ada banyak babang ojek yang bisa jadi alternatif biar kalian bisa tetep menikmati panorama Puncak B29.

Yang bisa kita nikmati dari atas sini antara lain sunrise, panorama bukit teletubbies bromo, dan lautan awan. Buat yang mau lebih lama bersantai dan dapet sunrise bisa camp juga kok di puncak!

sunrise Puncak B29 Lumajang





FYI kalau kalian berdomisili di Malang, sepulang dari sini nggak perlu memutar terlalu jauh lewat Luamajang karena kita bisa lewat hutan yang tembus daerah Ranu Pani TNBTS (namun track mayoritas masih makadam). Tinggal tanya warga setempat saja kalau mau menghemat waktu.

Bila ada lain kesempatan , nyobain kemping disini sepertinya seru !

hehe

Wawa Yasaruna's

No comments:

Post a Comment