7.7.17

Eksplore Bandung : Berkunjung ke Ciwideuy

Ciwideuy atau Ciwidey yang merupakan salah satu kecamatan di selatan Bandung jadi kebanggaan melalui wisata alam yang iconic banget sama Bandung yakni Kawah Putih. Berjarak kurang lebih 50 kilometer dari Bandung kita bisa ke beberapa destinasi wisata yang ada di Ciwidey dan  letaknya berdekatan. Untuk menuju ke Ciwidey sendiri memang cukup mudah apalagi kalo bawa kendaraan pribadi, tapi trasnportasi umum juga 'cukup' memadai.

Kawah Putih

Hal yang biasanya nomor satu dituju ketika menginjakan Bandung adalah fefotoan di 'lorong sendu' atau sekitaran Alun-Alun, ke Tangkuban Parahu, dan Kawah Putih. Entah kenapa Kawah Putih jadi iconic banget di Bandung, mungkin emang karena panoramanya yang bagus sehingga sering dipake syuting FTV ataupun video clip. Di era Instagram masa kini Kawah Putih juga cukup diminati karena emang Instagram-able haha.

Tiket masuk saat itu (saya kesana sekitaran 2016) Rp 40.000 per orangnya dengan fasilitas tiket masuk, parkir, serta kendaraan semacam angkot menuju ke kawah. Cukup mahal huf

Kurang lebih panoramanya seperti ini guys, sudah gak awam kan?






Setelah kelar berpanjat sosyel di Kawah Putih , setelah saya lihat di Maps ternyata Situ Patenggang ga jauh-jauh amat dari lokasi kawah yang berwarna biru ini. Tinggal sedikit ke arah utara aja dan kita sampai deh.

Perkebunan Teh Rancabali

Diperjalanan kita akan disuguhkan perkebunan teh yang luar biasa besarnya dan rapih! Saya belum pernah lihat kebun teh macam ini di daerah Jawa Timur sebelumnya dan emang terhampar luas di sepanjang perjalanan wohoo!

Tidak dipungut biaya sedikitpun untuk berkunjung ke kebun teh ini dan bebas pilih spot dimanapun yang kalian mau, asal kunci ganda motor kalian karena emang letaknya di pinggir jalan sehingga ga ada lahan untuk parkir.


Batu besar bisa untuk spot berfoto
Situ Patenggang

Danau Patenggang juga salah satu wisata yang lumayan sering dikunjungi karena akses yang mudah dan masih searah dengan Kawah Putih, menurut saya Danau nya B ajaah cuman ya demi memenuhi hasrat keingin tauan saya akhirnya saya mendarat ke tempat ini.

Yang saya inget dari Situ Patenggang adalah jajan cimolnya yang enak , cimol aseli Bandung hahaha. Selebihnya ya hanya ngeliat danau berkabut gitu bahkan sempat hujan lumayan deras. Cocok banget untuk piknik bersama keluarga atau beristirahat dan bersantai selepas perjalanan jauh.

Tiket masuk saat itu (sekitar 2016) Rp 20.000 per orangnya, duduk di dipan bayar juga Rp 15.000 -_- Kalian juga bisa naik kapal kalo mau, saya sih enggak karena udah beberapa kali kena palak di Bandung.



Sebenarnya masih banyak destinasi wisata di Ciwidey seperti Ranca Upas, Taman Kelinci, Bukit Jamur, Hot Spring, maupun beberapa desa wisata. Tapi ya gitu, saya ga begitu tertarik hehe dan bersiap untuk menjelajahi bagian Bandung lainnya.

hehe

Wawa Yasaruna's

2 comments: