29.6.17

Pantai Jonggring Saloko


Kebiasaan menumpuk-numpuk draft blog mulai saya coba perbaiki melalui postingan ini, baru dua hari kemarin saya berkunjung ke salah satu pantai di daerah Donomulyo Malang dan ingin segera share lewat blog karena emang pantainya bagus banget!

Mungkin emang pantai ini belum banyak dijamah oleh pengunjung karena akomodasi jalan menuju ke pantai eksotis ini memang belum memadai, selain itu masih sangat minimnya plang atau arah penunjuk jalan sehingga kebanyakan wisatawan lebih memilih ke Pantai Ngliyep. Setelah memasuki Desa Mantaraman kita masih dapet trek yang mulus sampai akhirnya kita harus ngelewatin trek makadam selama kurang lebih 7 kilometer. Yang perlu di garis bawahi buat kalian yang emang pingin kesini mending pakai kendaraan yang memadai , karena menurut review temen-temen yang pernah pakai motor matic rata-rata ban meletus. Belum lagi ketika kita arah pulang waktu itu ada mobil yang nekat nerjang treknya, alhasil harus berhenti di tengah jalan.

Oiya, jangan lupa bawa makanan & minuman yang banyak karena memang disana tidak ada satupun warung ataupun toko buat ngisi perut kalian.


Pantai Kidang, Watu Ngebros, dan Jonggring Saloko merupakan satu kesatuan dan emang satu jalur. Ancer-ancer nya gak susah kok, tinggal ke arah Pantai Ngliyep trus liat maps kalo uda di daerah Donomulyo. Setelah melewati jalan makadam kita bakal nemu 'bekas' pos masuk dan gapura, mungkin karena susahnya akses menuju pantai ini yang membuat beberapa fasilitas terbengkalai.


Sedikit Seram

Musholla dan warung yang sudah tidak beroperasi

Saking terbengkalainya fasilitas disini sampai kita gak perlu parkir dan bisa bawa kendaraan kita sampai kemanapun kita mau bahkan di pantai nya langsung! Tapi tetep harus hati-hati karena trek nya samasekali nggak mulus, atau kalau dirasa susah lebih baik trekking sampai ke view point biar lebih aman.

Pantai pertama yang kita lewatin namanya Pantai Kidang, kita cuma sekedar lewat dan memarkir kendaraan dan langsung trekking ke Jonggring.




Letak pantainya emang berdekatan , namun beda view jelas beda nama. Selanjutnya Pantai Watu Ngebros, yang mana emang ada celah di bebatuan dan bikin air dari ombak nyebar ke muara.



See? Eksotis kan?

Nah klimaks serta tujuan utama kita emang ke Pantai Jonggring Saloka yang letaknya tepat di depan Watu Ngebros. Dalam bahasa jawa sendiri saya uda sering denger istilah 'Jonggring Saloka' yang bermakna semburan. Ketika ombak gede dan masuk ke bebatuan besar maka keluarlah semburan air atau biasanya orang-orang Malang bilang "BROSH" . Suara dari semburannya bergemuruh, awalnya sempet takut tapi ternyata all is well. 

Jonggring Saloko!
Setelah beberapa saat berfoto di Watu Ngebros dan ngeliatin jonggring kita trekking ke sebelah barat dan menemukan keeksotisan lain dari pantai ini, yakni ombak pasang yang biruuu banget. 



Setelah puas berfoto dan makan bekal kita cepet-cepet balik karena gakmau ngelewatin makadam kalo gelap, alhasil pukul empat kita sudah bergegas balik ke kota. Btw tidak dipungut biaya sediktpun ke pantai ini , tinggal kalian siapkan kendaraan yang mumpuni, perbekalan, serta doa yang banyak. Hati-hati juga kalau memilih spot berfoto karena masih belum ada pengaman sama sekali, bahkan susah banget nemuin orang disini. 

Selamat mencoba selamat berlibur!

hehe

Wawa Yasaruna's

5 comments:

  1. Pantainya serem banget ya. apalagi jalan menuju ke sananya itu. Kaya peninggalan perang

    ReplyDelete